MAHASISWA KKN 28 UTM SULAP IKAN GELAMA DAN UDANG MENJADI ABON SEBAGAI PRODUK UNGGULAN

A B O N




     Hasil laut yang melimpah ruah menjadi aset utama di Desa Batah Barat. Mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Hasil laut yang diperoleh berupa udang dan ikan, akan tetapi target utama para nelayan yaitu untuk mencari udang. Di sini kualitas udang dibagi menjadi dua, yaitu udang dengan kualitas tinggi dan udang dengan kualitas rendah, akan tetapi udang dengan kualitas rendah tersebut kurang diminati oleh masyarakat. Sehingga ikan gelama dan udang dengan kualitas yang rendah ini kurang memiliki nilai yang tinggi. Dengan didasari alasan tersebut, kami mahasiswa KKN 28 UTM terinovasi untuk mengubah ikan gelama dan udang yang kurang memiliki nilai jual rendah menjadi suatu produk yang diharapkan mampu mempunyai nilai jual yang tinggi, yaitu Abon Ikan Gelama dan Abon Udang.
     Pada kali ini, kami mahasiswa KKN 28 UTM membuat kegiatan sosialisasi produk unggulan dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu gelombang pertama merupakan sosialisasi pembuatan Abon Ikan Gelama yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Januari 2019. Sedangkan gelombang kedua merupakan sosialisasi pembuatan Abon Udang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2019. Berikut tahap-tahap pembuatan abon ikan Gelama dan Abon Udang.

A. Abon Ikan Gelama
Bahan-bahan:
1 kg ikan gelama yang sudah dibersihkan
5 butir bawang merah
3  siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
200 ml Santan cair
½ sdm Kunyit bubuk
3 batang Serai
½ sdm Ketumbar
1 ruas jari Jahe
3 buah Kemiri
1 ruas jari Lengkuas
3 lembar Daun jeruk
3 lembar Daun salam
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya





Cara Membuat Abon Ikan Gelama

1. Bersihkan ikan gelama dan keluarkan limbah makanan di dalam perut ikan dan buang kepalanya.
2. Kukus ikan gelama hingga matang. Dilanjut dengan memisahkan daging dan menyingkirkan duri-durinya kemudian suwir-suwir ikan menjadi kecil-kecil.
3. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, kemiri, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, dan serai.
4. Masukkan bumbu halus dan tambahkan santan.
5. Tunggu hingga santan mengeluarkan minyak, masukkan daging ikan gelama dan tambahkan garam, penyedap rasa, gula secukupnya.
6. Aduk terus-menerus sampai daging ikan gelama kering dan warnanya menjadi kuning kecoklatan dengan menggunakan api paling kecil.
7. Pindahkan abon ikan gelama yang sudah matang ke loyang dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, abon ikan gelama siap dikemas dan atau dihidangkan.










B. Abon Udang
Bahan-bahan:
1 kg udang basah
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
Cabai rawit secukupnya
½ sdm ketumbar
3 lembar Daun jeruk
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya






Cara Membuat Abon Udang
1. Bersihkan udang, kupas kulit udang. Ambil kepala dan ekor udang.
2. Goreng udang setengah matang lalu haluskan hingga menjadi serpihan kecil.
3. Haluskan semua bumbu yang telah disediakan secara bersamaan kecuali gula, garam, dan penyedap rasa
4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tunggu sampai wangi
5. Masukan udang yang telah dihaluskan sebelumnya.
6. Aduk secara terus menerus sampai bumbu dan udang menyatu rata dan mengering secara sempurna (gunakan api kecil).
7. Pindahkan abon yang sudah matang ke loyang dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, abon udang siap dikemas dan atau dihidangkan.









Jika readers masih belum paham dengan langkah-langkah yang kami berikan di atas, inilah video tutorial pembuatan Abon Ikan Gelama dan Abon Udang Desa Batah Barat



Untuk harga produk abon ikan gelama, kami menjual dengan harga Rp 25.000,00, sedangkan untuk abon udang kami jual dengan harga Rp 45.000,00. Kami dallam proses menentukan harga produk tidak asal pilih, akan tetapi kami pertimbangkan dengan habisnya harga-harga bahan-bahan yang digunakan dalam membuat produk.


Sekian tips membuat abon ikan gelama dan abon udang dari KKN 28 UTM. Semoga bermanfaat bagi readers... Aamiin yaa rabbal alamin....

Terima kasih









Komentar

Posting Komentar